Translate

Wednesday, August 9, 2017

Ngeblog? Kenapa Tidak?

Ayo Mulai Ngeblog..


Apa sih yang dimaksud blog?

Apa aja manfaat yang didapatkan dari blog?

Bisakah blog menghasilkan uang?

Saya mau sih ngeblog, tapi harus dimulai dari mana dulu?

      Itu hanya beberapa pertanyaan yang sering saya terima dari teman-teman saya, ya soalnya banyak banget pertanyaan dari mereka jadi saya ambil beberapa dulu aja, nanti kalo saya ambil semua dan menuliskannya disini, wah, bisa-bisa keriting jari saya nanti, hhaa. Ok mari kita mulai satu persatu sobat dari pertanyaan pertama:

1.      Apa sih yang dimaksud blog?

Ok disini saya akan menjelaskan sebisa saya. Blog ialah  salah satu dari sekian banyak website yang terdapat di internet untuk mendapatkan sebuah informasi yang aktual secara mudah. Nah dari definisi blog sendiri sobat pasti sudah tahu dong yang dimaksud blog, kalo belum tahu ok saya jabarkan lagi dan semoga sobat tidak bingung. Apakah sobat pernah surfing di internet untuk mencari suatu informasi tertentu di mesin pencari seperti google? Nah disana sobat akan menemukan banyak sekali informasi, jika sobat teliti dan memperhatikan laman yang sobat buka tersebut ber akhiran “.blogspot.com” nah itulah yang disebut blog. Walaupun banyak penyedia layanan yang sobat bisa gunakan untuk ngeblog baik itu yang gratis maupun berbayar, salah satu contoh yang bisa sobat gunakan adalah blogger.com ataupun wordpress. Gak bingung kan?.

2.      Apa saja manfaat yang didapat dari ngeblog?

Nah untuk masalah manfaat dari blog sendiri sebenarnya sangat banyak diantaranya adalah:
A.    Melatih kemampuan menulis sobat.
Dengan menulis blog secara otomatis sobat pasti akan mempunyai kemampuan untuk menulis di artikel blog sobat. Nah bila sobat memiliki hobi menulis maka, saya yakin kemampuan menulis sobat akan meningkat dengan menulis blog dan bukan tidak mungkin sobat akan menjadi seorang penulis yang hebat.

B.     Membantu orang lain.
Ya, dengan menulis blog sobat bisa membantu orang lain dan ini merupakan cara yang paling sederhana untuk sobat beramal kepada sesama, dengan menulis blog yang berisi informasi yang sering dicari orang maka sobat bisa membantu banyak orang dalam sekejab.


C.     Menambah kepercayaan untuk berbicara dimuka umum.
Tak bisa dipungkiri lagi perkembangan teknologi yang pesat membawa banyak perubahan tak terkecuali di bidang penyebaran informasi. Dalam blog sobat bisa menuliskan sesuka hati sobat selama itu tidak melanggar peraturan dan masih dalam norma-norma bangsa Indonesia. Dengan menulis blog sobat akan berani mengemukakan pendapat dimuka umum yang bisa dilihat orang di seluruh dunia tanpa harus melakukan orasi.

D.    Dan masih banyak lagiiii.....

    3. Bisakah blog menghasilkan uang?

Tentu saja bisa, dengan apa? Mudah saja jika sobat telah menuliskan banyak blog dan memiliki jumlah pengunjung yang stabil maka sudah saatnya sobat berani mendaftarkan blog sobat ke penyedia jasa layanan iklan yakni Google Adsense, tujuan untuk memasang iklan di blog sobat dan setiap pengunjung yang mengklik iklan sobat maka sobat telah mendapatkan $1. Coba bayangkan jika yang mengklik itu 10 orang maka sobat bisa mendapatkan uang Rp.130.000 dan bila yang mengklik mencapai 100 orang maka sobat telah mendapatkan Rp.1.300.000 (kurs rupiah saat ini $1=Rp. 13.300).

4.      Dimulai dari mana jika ingin ngeblog?


-Tujuan sobat untuk ngeblog
Tujuan ini sangat penting, karena apa jadinya jika sobat ngeblog tidak memiliki tujuan?, ya pasti tahu sendirikan, bagaikan hidup tanpa tujuan, nah kesiksa bangetkan?
Maka dari itu jika sobat ingin ngeblog haruslah memiliki tujuan yang jelas hal ini akan membantu sobat untuk menjadi seorang penulis blog yang konsisten. Saya sarankan sebelum sobat ngeblog tentukan dulu tujuan dan topiknya minimal sehari sebelum diposkan, hal ini akan mencegah sobat ‘kehabisan ide’ saat akan ngeblog.

-Topik yang akan sobat tulis diblog sobat.
Pemilihan topik yang tepat tentu akan memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi blog sobat sehingga bisa muncul di bagian paling atas mesin pencari. Untuk pemilihan topik sobat bisa menggunakan kata-kata sehari-hari yang sering diketikan di mesin pencari.

-Memilih layanan untuk memulai blog.
Untuk memulai blog sobat. Sobat bisa memilih berbagai layanan yang ada di internet baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Seperti blogger.com, wordpress.com, ataupun tumblr.com. saya sarankan sobat mencoba yang blogger.com karena tidak terlalu sulit bagi sobat yang pertama kali merasakan dunia perblogan.

-Mulai menulis
Jika sobat telah memiliki akun blog. Maka hal selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan tulisan, ya iyalah harus diisi masa kita biarkan kosongan, dari mana kita bisa dapatkan pengunjung, ya gak?. Dalam menulis blog usahakan sobat menggunakan bahasa yang baik dan benar hal ini akan membuat pengunjung betah mengunjungi nblog sobat berkali-kali.

-Mempercantik blog sobat.
Hal ini mungkin tidak terlalu penting, tapi apa salahnya jika kita mempercantik blog. Karena dengan mempercantik blog kita akan terlihat lebih keren dan kece.:v. Sobat bisa menggunakan berbagai template yang tersedia di akun blog sobat masing-masing.


Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Jangan takut untuk memulai berbisnis mulai sekarang dengan blog..

No comments:

Post a Comment