Translate

Sunday, July 2, 2017

Masih Ragukah Anda Dengan Produk Dalam Negeri?

Masih Ragukah Anda Menggunakan Produk Dalam Negeri? Coba Lihat Ini


Produk Buatan Indonesia atau Made In Indonesia memiliki arti jika suatu produk terbuat dari bahan yang berasal dari dalam negeri, tenaga kerjanya berasal dari dalam negeri, produk tersebut menggunakan merk lokal dan terakhir adalah kepemilikan perusahaan. memang sudah sangat banyak, ini membuktikan bahwa bangsa kita bisa bersaing dengan bangsa lainnya. Namun, pertanyaan apakan apakah kalian masih meragukan produk Buatan Indonesia? jika iya, berarti anda salah besar sebagai rakyat Indonesia namun tidak mencitai produknya sendiri. Memang jika kita melihat realita di masyarajat Indonesia masih sangat meremehkan produk buatan dalam negeri, hal ini karena mereka beranggapan jika produk dalam negeri itu "kurang bagus" dan lebih memilih produk luar negeri, Nah, kita sebagai warga Indonesia yang 'katanya' cinta Indonesia Mana Rasa Nasionalisme Kalian? Kalau terus menghina produk sendiri, kapan kita bisa maju?

Sekarang, coba lihat dari lingkup keluarga kita, berepa banyak kah barang-barang di rumah kita yang Buatan Indonesia? Sebagai rakyat Indonesia tentunya kita harus memiliki sekaligus mencintai produk dalam negeri sebagai bentuk kecintaan kita kepada Ibu Pertiwi. Produk-produk buatan Indonesia dapat dikategorikan dalam beberapa bidang antara lain:

1. Militer

Indonesia telah lama dapat membuat beberapa jenis Alutsista untuk TNI dan Polri seperti senapan, Kapal Perang, Pesawat Sipil dan Militer, Panser, Satelit, Roket, Bom, dll. Salah ssatu produk dari senapan adalah buatan PT PINDAD (Persero) yakni SS1,SS2,SS3,SPR, dan Pistol, pengguna produk-produk tersebut bukan hanya dari Indonesia namun berbagai negara di dunia juga telah mengakui kehendalan produk Indonesia tersebut. Selain itu masih ada Panser Anoa, dan Badak yang juga dikembangkan oleh PT PINDAD. Beberapa BUMN lainnya adalah PT DI yang kembali berhasil menciptakan pesawat dalam negeri setelah 'meninggalnya' Gatotkaca N-250, pesawat tersebut adalah N-219 yang merupakan adik dari N-250 yang dikabarkan sebentar lagi terbang perdana.

2. Teknologi Smartphone

Siapa yang menyangka bahwa Indonesia merupakan salah satu produsen Smartphone dengan kualitas bagus, saat ini Indonesia memang banyak dibanjiri oleh Smartphone buatan Korea Selatan maupun China, tapi apa salahnya jika kita menggunakan Produk dalam negeri seperti Advan, Mito, Digicoon, Smartfren, Polytron dll. Produk kita tidak kalah dengan produk buatan Korea Selatan, bahkan beberapa produk smartphone Butan Indonesia telah berhasil merambah pasar Internasional seperti produk Polytron, Advan, dan Mito. Nah, untuk urusan harga dan kualitas smartphone buatan Indonesia menang banyak dimana harganya terjangkau dengan spesifikasi yang sudah sangat baik, dari pada beli produk China yang Super KW, kan?

3. Perangkat Elektronik

Di jaman modern ini banyak barang-barang elektronik yang sangat canggih jika dilihat dari sisi teknologinya. Dari sekian banyak barang elektronik yang ada di pasaran, pernahkah kita terfikir jika sebagian adalah hasil karya anak bangsa??? Ya, ternyata beberapa merk yang selama ini kita mengira itu adalah merk yang berasal dari luar negeri/ barang import, atau dibuat di Indonesia namun milik perusahaan asing tidak sepenuhnya benar. Beberapa merk barang elektronik nyatanya merupakan produk Indonesia asli. Sebut saja dari produk Komputer jinjing/ laptop seperti merk Byon, Zyrex, Advan,dll yang merupakan produk asli Indonesia.

4. Barang Sehari-hari


 Indonesia memiliki banyak produk yang merupakan keperluan pokok kita seperti Baju, perabot rumah tangga, transportasi, dll. Di bidang busana Indonesia memiliki Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia, jadi sudah seharusnya kita bangga dan tidak malu menggunakan Batik sebagai busana kita, karena Kita Adalah Indonesia. Untuk Bidang Transportasi Produk-produk Indonesia antara lain Kereta api, Pesawat Terbang, Mobil, Bus dll. Kereta api Buatn Indonesia bahkan telah mampu menembus pasar luar negeri dan beruntung pemerintah kita sangat mendukung produk ini yakni dengan penggunaan gerbong-gerbong kereta api jarak jauh produksi PT INKA Madiun.

Sebenarnya masih banyak lagi produk buatan Indonesia yang lain, namun karena saya sudah capek menulis jadi kita lanjutkan saja pembahasan kita inil, sob. Denagn menggunakan produk lokal secara tidak langsung kita akan mendukung kemajuan teknologi Indonesia ke arah yang lebih baik dan menumbuhkan rasi Nasionalisme kita sebagagai Bangsa Indonesia. Lalu apa saja keunggulan produk Lokal?

Bangga lokal ketimbang KW


Harga tas branded terlalu mahal sehingga Anda lebih suka beli barang KW? Barang KW adalah produk yang sebenarnya produksi lokal namun dibuat mirip dengan desain tas-tas yang bermerk mahal, dengan kualitas yang lebih rendah, dan harganya pun juga lebih murah. Ketimbang menanggung rasa malu karena ketahuan tasnya produk KW, lebih baik jika Anda membanggakan tas yang jelas dan original buatan asli tangan-tangan orang Indonesia. Ada banyak kok, merk lokal yang menjual tas Bandung dengan kualitas tinggi baik dari segi material, jahitan, dan desain, mulai dari produk sejuta umat hingga produk-produk yang eksklusif.

Mengurangi tingkat pengangguran


Anda tentu tahu dan paham bagaimana rasanya ketika tidak ada uang yang bisa dibelanjakan untuk kehidupan sehari-hari. Dengan membeli tas maupun produk dalam negeri lainnya, maka para pengrajin akan meningkatkan jumlah produksinya untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin besar. Dengan begitu pengrajin membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak sehingga angka pengangguran di Indonesia yang didominasi oleh mereka dengan tingkat pendidikan rendah bisa mendapatakan pekerjaan yang layak dan bisa mencukupi kebutuhan pendidikan dan sehari-hari. Dengan semakin meningkatnya produksi lokal Indonesia maka Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan produk dengan kualitas yang tinggi. Tidak menutup kemungkinan pula produk-produk Indonesia juga mendunia dan termasuk ke dalam golongan tas branded.

 Meningkatkan Devisa Negara

Pendapatan negara kita pastinya akan meningkat apabila kita telah melakukan ekspor atau penjualan ke luar negri. Maka dari itu uang yang kita dapat dalam bentuk dollar otomatis akan kita tukarkan ke bank dan secara tidak langsung menambah cadangan devisa bagi negara ini. Devvisa dapat digunakan untuk pembangunan berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan  oleh masyarakat dengan kata lain uang yang kita gunakan akan kembali lagi kepada kita.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakan produk lokal, pokoknya jangan lagi meragukan produk Indonesia karena jika kita sendiri meragukan produk kita artinya sama saja kita tidak percaya dengan kamampuan diri kita sendiri sebagai sebuah bangsa yang besar.

1 comment:

  1. aduan adu ayam pisau Terbesar & Terpercaya !
    Tersedia 3 Jenis Taruhan Sabung Ayam Live
    Sabung Ayam S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami...
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete