Translate

Thursday, May 18, 2017

Kaplan MT Tank Hasil Kerjasama Pindad-FNSS Akan Ikut Tampil Dalam HUT TNI

Tank Kaplan MT Buatan Indonesia-Turki Akan Ikut Menyemarakkan HUT TNI Bulan Oktober Mendatang.

Kaplan MT, sebuah tank medium yang dikembangkan oleh Indonesia dan Turki untuk menghadapi lingkungan pertempuran yang panas dan lembab di wilayahy Asia, sesuai rencana akan mulai diproduksi pada 2018 setelah prototype pertama di ungkap pada pameran IDEF 2017 di Instambul, Turki. Tank yang telah resmi diperkenalkan oleh FNSS dan Pindad sebagai "Kaplan MT", purwarupa Modern Medium Weight Tank (MMWT) ini akan muncul dalam parade Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Bulan Oktober mendatang.

Purwarupa Kaplan MT tersebut akan dikirim ke Indonesia menyusul sejumlah pengujian radikal yang akan dilaksanakan Turki, tank medium tersebut dikembangkan bersama oleh PT PINDAD (persero), yang merupakan perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak dibidang pembuatan senjata dan kendaraan militer, dan FNSS Sanvunma Sistemleri dari Turki, Produsen serta pemasuk kendaraan tempur lapis baja terkemuka bagi Angkatan Bersenjata Turki.

Tank medium Kaplan MT ini dipersenjatai dengan meriam 105 mm yang distabilkan, diberi unpan oleh pemuat otomatis. Senapan mesin 7.62 mm dipasang pada persenjataan utama. Kaplan MT ini akan bertugas untuk memberikan dukungan langsung pada pasukan TNI yang turun langsung ke medan perang.

Menara yang terdapat di Tank itu merupakan menara CMI Defence 3015 buatan Belgia, yang menyatukan meriam bertekanan tinggi Cockreill 106 mm dengan autoloader canggih untuk memberikan tingkat kematian tinggi meskipun dengan bobot yang sangat ringan (35 ton). Tank tersebut juga dilengkapi peluncur granat asap yang dioprasikan dengan listrik dan digabungkan dengan sistem peringatan laser yang terpasang pada menara.

Tank Kaplan MT ini dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan (FCS) terkomputerisasi dan komandan berserta penembak masing-masing dilengkapi dengan sistem pengamatan thermal yang stabil dengan pengintai laser jarak jauh. Tank ini juga memiliki tingkat perlindungan yang tinggi, yang mana seluruh lambung baja di las dan dapat menggunakan pelindung/perisai tambahan.

Interior tank Kaplan MT dirancang dengan sangat hati-hati dan mempertimbangkan ergonomi para awak dan kondisi taktis serta medan pertempuran yang berbeda termasuk mengemudi, menembak, dan bongkar muat amunisi. Kursi pengemudinya pun dirancang khusus, yang mana memungkinkan sang pengemudi mendapat keuntungan atas bidang pandang yang disempurnakan serta akses yang mudah ke  dashboar dan perangkat lainnya.

Tank ini sepenuhnya dapat dioperasikan dengan berbagai kondisi ketinggian dan kelembapan, dan pada suhu mulai dari -18 °C sampai 55 °C. Kaplan MT dilengkapi dengan mesin diesel, sistem transmisi dan pendinginan otomatis, yang mampu menghasilkan rasio daya dan berat sebesar 20 hP/ton serta dapat melaju hingga kecepatan 70 km/jam. Paket daya tank ini dilengkapi tangki bahan bakar berpendingin menggunakan kipas hidrolik berbasis perangkat lunak cerdas untuk ekstrasi torsi secara optimal dan menghemat bahan bakar, juga dilengkapi dua tangki bahan bakar terpisah memberikan jarak operasi hingga 450 km.

No comments:

Post a Comment