Translate

Monday, June 12, 2017

Kecanggihan Pada Helikopter Chinook Boeing CH-47F Pilihan Indonesia

Inilah Kecanggihan Yang Dimiliki Helikopter Chinook CH-47F Pilihan Indonesia

Pemerintah Indonesia berniat untuk mengakuisisi helikopter angkut berat CH-47F Chinook. Seperti yang diutarakan oleh petinggi Boeing, Yeong-Tae Park, Boeing Regional Director For Southeast Asia, disebutkan bahwa yang di inginkan Indonesia adalah varian CH-47F yang merupakan varian terbaru dan termuthakir dari keluarga Chinook.

(Cari Barang Keperluan Ramadhan disini: http://ho.lazada.co.id/SHQv1F buruan ada promo menarik lho)

Meskipun masinh menanti deal kontrak pengadaan, menelisik spesifikasi kecanggihan helikopter ini menjadi cukup menarik, pasalnya saat kavaleri udara TNI AD mengoperasikan AH-64E Apache Guardian dan helikopter angkuit sedang Black Hawk, maka gelar mobil udara TNI AD dan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) bakal menjadi makin tangguh dengan adanya CH-47F Chinook dan memiliki varian Chinook lebih unggul dari Singapura.

Kecanggihan Chinook CH-47F

CH-47F dikembangkan berdasarkan dari varian CH-47D, di CH-47F pihak Boeing mengadopsi tipe mesin baru, peningkatan kekuatan airframe, dan sistem avionic baru. Hingga tahun 2014, setidaknya sudah 300 unit CH-47F yang dikirim kepada AD AS dan US National Guard. Selain untuk konsumsi dalam negeri, kini CH-47F telah dioperasikan oleh berbagai negara seperti Kanada, Singapura, Belanda, Inggris, Australia, dan Korea Selatan.

Helikopter dengan glass cockpit ini dapat menampung 33 sampai 55 penumpang, bergantung pada konfigurasi kargo dan misi. Secara teori runag kargo dapat dimuat payload hingga 10,9 ton, ini dapat diartikan Chinook dapat membawa Ranpur sekelas Hummer ataupun Komodo 4x4. Khusus untuk angkut beban eksternal, Chinook dilengkapi dengan tiga titik pengait dibagian bawah tubuhnya yang dapat digunakan sekaligus, yang memiliki kekuatan angkut beban 12 ton dibagian pengait tengah dan 7,5 ton dibagian pengait depan dan belakang.

Dapur pacu CH-47F didukung oleh 2 mesin Honeywell T55-GA-714A turboshaft, yang tiap mesin dapat menghasilkan tenaga 4733 SHp, dengan performa yang demikian maka CH-47F dapat mencapai kecepatan maksimum 300 km/jam. Dengan jumlah awak yang sama dengan varian-varian sebelumnya yakni berjumlah 3 orang yang terdiri dari Pilot, Co-pilot, dan Flight Engineer, CH-47F umumnya dilengakapi dua door gun/ mini gun kalinber 7,62 mm pada sisi kanan dan kirinya, bahkan di ujung pintu rampa juga ditempatkan gunner 7,62 mm.

Spesifikasi Chinook CH-47F

-Kru: 3 orang
-Panjang: 30,1 m
-Rotor Diameter: 18,3 m
-Tinggi: 5,7 m
-Berat Kosong: 10.185 kg
-max. berat lapas landas: 22,680 kg
-Kecepatan maksimum: 315 km/jam
-Rentang: 741 km
-Avionic: Rockwell Collins umum Avionics Arsitektur Sistem (CAAS) (MH-47G/CH-47F)

No comments:

Post a Comment