Translate

Thursday, June 22, 2017

KFX/IFX Hingga Tank Boat Masuk Dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018

Program KFX/IFX Tetap Lancar, Tank Boad Siap Dibangun dan Masuk Dalam Rencana Kerja Pemerintah 2018

Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018, untuk bidang pertahanan, proyek yang menjadi prioritas nasional dalam pengembangan teknologi industri pertahanan, termasuk pengembangan pesawat tempur KFX/IFX, yang dianggarkan sebanyak 1,6 triliun Rupiah. Pembayaran dana dari kerjasama pesawat tempur dengan Korea Selatan ini, akan terus dilakukan secara Multi Years. Jika tidak salah total Indonesia mengucurkan dana sebanyak 17 triliun Rupiah untuk komposisi 20% saham Indonesia dalam pembangunan jet tempur KFX/IFX dengan Korea Selatan.

(Ayo Belanja Barang Kebutuhan Lebaran Hanya Di Sini:  http://ho.lazada.co.id/SHQv1F  Ada Banyak Promo Menarik Lho, Buruan)

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan dana untuk pengembangan Propelan atau bahan bakar roket yang cukup besar, yakni Rp 500 miliar. Hal ini selaras untuk mendukung pengembangan program Roket dan Rudal Indonesia. Salah satu yang digaris bawahi dalam Rencana Kerja Pemerintah 2018 bidang pertahanan ini adalah, pengembangan Rudal dan Roket Nasional.

Propelan, Rudal, dan Roket merupakan tiga serangkai yang masuk dalam proyek priyoritas nasional. Pada tahun 2015 Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan SASTIND China telah membahas rencana kerjasama pengembangan Rudal C-705, namun ada ganjalan dengan jumlah pembelian Rudal yang disyaratkan China untuk tranfer teknologi. Sampai sekarang belum diketahui apakah program kerjasama pengembang Rudal dengan China ini dilanjutkan ataukah beralih dengan yang lainnya.

Jika dilihat dari alokasi anggaran yang disiapkan, memang terlihat ketimpangan dimana pengembangna propelan dianggarkan Rp 500 miliar, sementara pengembangan Rudal hanya mendapat jatah Rp 36,5 miliar, dan pengembangan Roket sebesar Rp 5 miliar. Dana itu sepertinya dialokasikan untuk Riset dan Pengembangan.

Pemberdayaan Industri Pertahanan lainnya adalah pengembangan Tank Boat dengan anggaran Rp 164 miliar, serta pengembangan kapal selam, dimana kapal selam ke-3 jenis Changbogo akan dirakit/diingrasikan di fasilitas PT PAL Surabaya. RKP Pemerintah tahun 2018 bidang pertahanan adalah penguatan pertahanan diwilayah perbatasan Indonesia, dengan membangun Apron, Dermaga, jalur perintis, dan sejumlah pos perbatasan.

No comments:

Post a Comment