Translate

Saturday, June 10, 2017

Senegal Berminat Membeli Pesawat, Kapal dan Kereta Api Buatan Indonesia

Senegal Berminat Untuk Membeli Pesawat dan Kereta Api Buatan Indonesia.

Dalam sebuah forum bisnis Indonesia-Senegal pertama di Dakkar ibu kota Senegal pada Rabu, 7/6 lalu, pemerintah Senegal meyampaikan minatnya untuk membeli produk Indonesia seperti Pesawat terbang, Kapal dan Kereta Api. Hal itu disampaiakn dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima di Jakartan pada Kamis kemarin.

Dalam pertemuan bisnis tersebut, pihak Senegal menunjukan minat yang besar terhadap pembelian pesawat jenis CN-235 yang ke-3 dan ke-4 buatan PT DI, serta penjajakan pemesanan kapal feri untuk 500 penumpang dan kapal tanker. Duta Besar Indonesia untuk Senegal Mansyur Pangeran menjelaskan bahwa Senegal juga berminat membeli Kereta Api buatan PT INKA Madiun untuk proyek pembangunan prioritas "Plan Senegal Emergent" (PSE) di sektor perkereta apian yang menghubungkan Dakkar-Tambacounda dan Dakkar-st, Louis.

(Cari Barang Keperluan Ramadhan disini: http://ho.lazada.co.id/SHQv1F buruan ada promo menarik lho)

Dia menambahkan, dalam pertemuan antar pelaku bisnis di Forum Bisnis Indonesia-Senegal itu Presiden Dewan Perkapalan Senegal juga menyempaikan keinginan untuk membeli kapal buatan PT PAL, yaitu satu kapal tanker ukuran 10.000 ton dan dua kapal kargo ukuran 20.000 ton. Dubes Mansyur menyampaiakn bahwa forum bisnis itu bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Senegal, khususnya di bidang perdagangan dan Bisnis.

“Peristiwa ini menjadi catatan sejarah tersendiri, karena selama lebih dari sepuluh tahun menjalin hubungan bilateral, forum sejenis baru pertama kali diadakan,” ujar dia.

Forum bisnis itu diharapkan dapat meningkatkan interaksi dan kegiatan saling kunjung antar pelaku bisnis dan mencari peluang yang sangat terbuka antara kedua negara. Forum bisnis tersebut dihadiri oleh sekitar 100 pelaku usaha yang bergerak disektor pertanian, obat-obatan dan kosmetik, Pesawat Terbang, Tekstil, Kereta Api, Argo-industri, Mainan Anak, Kelapa Sawit, Kontruksi, dll.

Pesarta Forum tidak hanya berasal dari Senegal, tetapi juga dari wakil-wakil kamar dagang dan industri (Kadin) dari negara-negara Sekitarnya seperti, Pantai Gading, Mali, Gambia, Cabo Verde, dan Sierra Leone. Forum bisnis di Dakkar, Senegal itu merupakan bagian dari "Africa Tour" kedua yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Nigeria dan dilanjutkan oleh Wamenlu RI A.M. Fachtir di Senegal.  "Africa Tour" tersebut akan dilanjutkan oleh pemerintah RI dengan kunjungan ke Kenya dan Ethopia

No comments:

Post a Comment